[Bahasa] Mari belajar bahasa Jepang!

View previous topic View next topic Go down

[Bahasa] Mari belajar bahasa Jepang!

Post  lunarchild on Wed Aug 12, 2009 4:39 pm

Bagi yang mau belajar bahasa Jepang dari dasar bisa liat di sini.
Ada tes nya juga kok.
Mulai dari grammar, vocab, dll.

Dengan catatan udah bisa baca hiragana / katakana.
yang ga bisa bisa liat tabelnya di:
hiragana dan katakana
atau DL tabel yg gw bikin di sini

Klo yang mau belajar Kanji, bisa pinjem bukunya sama gw.
dgn catatan:
1. jangan dicorat-coret (pake pensil juga ga boleh);
2. klo ilang / rusak ganti pake duit 150% dari harga buku;
3. boleh (dan disarankan) difoto-copy;
4. Max pinjem 2 minggu (kayak perpus, yah?)
5. Sesuai yg lu duga, isinya cuma kanji sehari2... (Kanji total banyaaaak bgt... ga mungkin buku yg hlmnya cuma 190-an muat semua)
6. BUKU INI ISINYA TENTANG NULIS & NGARTI-IN KANJI, JADI YANG BLON NGERTI HIRAGANA / KATAKANA, NGGAK DISARANKAN BANGET!

lunarchild

Posts : 215
Join date : 2009-08-02
Age : 24
Location : Saa... doko deshou?

Back to top Go down

Re: [Bahasa] Mari belajar bahasa Jepang!

Post  makhluk sosial tidak terp on Wed Aug 12, 2009 9:09 pm

sbnrna kita ngrti hiragana katakana aj uda bgus bgt bwt org luar...
kanji na juga ga pnya arti lain ma arti hiragana katakana na..
mnguasai hiragana katakana itu uda bgus bgt...
tinggal tmbhin vocab m grammar...

makhluk sosial tidak terp

Posts : 154
Join date : 2009-08-07
Age : 24
Location : Sunter, Jakarta Utara

Back to top Go down

Re: [Bahasa] Mari belajar bahasa Jepang!

Post  lunarchild on Wed Aug 12, 2009 9:24 pm

Ya nggak lah....

Lu belajar katakana n hiragana doang, sedangkan di Jepun tuh biasa ditulis minimal 1 kanji + hiragana...

Klo modal hiragana n katakana udah bisa skul ke jepun (gw lebih bisa conversation - maklum, dari anime)
gw udah ke jepun skarang.

Tambahan: Grammar jepang jauh lebih gampang dari inggris (menurut gw)
dan vocabnya, yg sehari2 (selama level anak TK~SD) gw ud rada afal

*) klo SMP ++, library ditulis pake 4 kanji berderet... (klo ga salah sih 4... ato 5 yah?) dan gw jelas ga tau bacanya...
kanji gw baru mulai afal yg sehari2 (itu aja masih paling 10%)

lunarchild

Posts : 215
Join date : 2009-08-02
Age : 24
Location : Saa... doko deshou?

Back to top Go down

Re: [Bahasa] Mari belajar bahasa Jepang!

Post  makhluk sosial tidak terp on Wed Aug 12, 2009 9:55 pm

aduh tpi bner dech...
kanji itu lmyan susa...
uda gtu, itu cuma nyadur dari kanji mandarin...
mnding arti na sama... uda beda...
walah....
susa sinkronin na...

watashi ma wo yg sama2 saya aj,,,,,
aje gile beda na

makhluk sosial tidak terp

Posts : 154
Join date : 2009-08-07
Age : 24
Location : Sunter, Jakarta Utara

Back to top Go down

Re: [Bahasa] Mari belajar bahasa Jepang!

Post  lunarchild on Wed Aug 12, 2009 10:03 pm

klo lu punya dasar mandarin, gw pribadi nggak saranin belajar jepun...

wo dlm bhs mandarin jadi ware
artinya sama2 I, cuma ware lebih deket ke "kami" (kaya klo di proposal, lu nyebut saya/aku jadi kami...)

lunarchild

Posts : 215
Join date : 2009-08-02
Age : 24
Location : Saa... doko deshou?

Back to top Go down

Re: [Bahasa] Mari belajar bahasa Jepang!

Post  dave1992 on Thu Aug 13, 2009 9:11 pm

Gak lah, kalo bisa mandarin justru belajar jepang jadi gampang karena kanjinya rata2 udah bisa.

dave1992

Posts : 116
Join date : 2009-08-08
Age : 24

Back to top Go down

Re: [Bahasa] Mari belajar bahasa Jepang!

Post  lunarchild on Thu Aug 13, 2009 9:14 pm

Mandarin 100%
Bisa baca bhs jepun dengan koneksi 70%

Cuma klo ngomong yah....

Btw, gw ngomong dlm konteks klo mau blajar jepun 100%
Lagian gw ud tulis kata "Secara Pribadi"
Soalny gw susah mau ngafalin Cina (ada nada yg aneh2)
ditambah kanji jepang rata2 bisa dibaca 3 macem

ntar jadi ada 4 dong... trus satu dari 4 itu harus pake nada yg aneh...

Maaf deh... HDD di kepala gw kekecilan... nggak kuat...

lunarchild

Posts : 215
Join date : 2009-08-02
Age : 24
Location : Saa... doko deshou?

Back to top Go down

Re: [Bahasa] Mari belajar bahasa Jepang!

Post  dave1992 on Thu Aug 13, 2009 9:18 pm

Maksud gw bukan belajar bahasa cina trus bahasa jepang.

Maksud gw, orang kalo jago bahasa cina (karena diajarin sejak kecil), itu klo bljr bhs jepang bentar aj uda jago.

dave1992

Posts : 116
Join date : 2009-08-08
Age : 24

Back to top Go down

Re: [Bahasa] Mari belajar bahasa Jepang!

Post  makhluk sosial tidak terp on Thu Aug 13, 2009 9:23 pm

ga sesedrhana itu bung...
bnyak bda..
org bsa kanji cina aj, ga bsa ngom di jpang...
krn aturan na beda2..
cntoh na
kanji cina masi ada huruf L X C
di jepang, hruf itu sma skli ga ad...

makhluk sosial tidak terp

Posts : 154
Join date : 2009-08-07
Age : 24
Location : Sunter, Jakarta Utara

Back to top Go down

Re: [Bahasa] Mari belajar bahasa Jepang!

Post  dave1992 on Thu Aug 13, 2009 10:09 pm

Ya elah, daripada lo gak ngerti sama sekali.

Bisa bahasa cina itu berarti dengan cepat progress loe ke 100% mengerti. Kalo tanpa bisa bahasa cina, progress loe ke 100% jadi lebih lambat karena harus belajar kanji.

Padahal kanji itu yang lama belajarnya, kalo kanji uda 80% bisa (dengan bisa bahasa cina), otomatis tinggal hafalin dikit lagi, selesai.

It's that simple.

Bukan berarti bisa bahasa cina=bisa bahasa jepang, lu musti belajar lagi juga, cuman anggepannya, udah setengah jalan lah.

dave1992

Posts : 116
Join date : 2009-08-08
Age : 24

Back to top Go down

Re: [Bahasa] Mari belajar bahasa Jepang!

Post  lunarchild on Thu Aug 13, 2009 10:42 pm

Udhlah yo...
Bhs jepang biar gw pelajarin...
klo lu mau apa2, gw pasti bantu kok...

lagian buat sebagian orang (gw iya, klo lu mungkin nggak) nambahin informasi dari 0
dibanding nambahin informasi dari yg udah ada lebih gampang yg dari 0...

contohnya, (gw) klo komp, diajarin yg baru2 nilai pasti bagus... klas 1 aja di raport kepala 9... klo diajarin yg lama cth=Javascript, malah jadi jelek... kayanya turun sampe 9 poin deh...

lunarchild

Posts : 215
Join date : 2009-08-02
Age : 24
Location : Saa... doko deshou?

Back to top Go down

Re: [Bahasa] Mari belajar bahasa Jepang!

Post  Michael Roa Valdamjong on Wed Aug 19, 2009 9:28 pm

bagi sumali dan melvin, kata2 lo bdua malah bikin gua tambah pusing... confused

Michael Roa Valdamjong

Posts : 36
Join date : 2009-08-06
Age : 25
Location : dimana ad komputer dan koneksi internet

Back to top Go down

Re: [Bahasa] Mari belajar bahasa Jepang!

Post  lunarchild on Wed Aug 19, 2009 9:35 pm

intinya

jepang emang ada yg sama ky mandarin
cuma artinya ada juga yg melenceng...

lu coba aja bandingin...
(de) yg menunjukkan kepunyaan di bhs mandarin
fungsinya sama kaya (no) dlm bhs jepang...

cuma (de) dlm bhs mandarin ditulis dalam hanzi (kanji)...
nah, di jepun kanji (de) dlm mandarin tadi juga ada... artinya:
-like / typical ; cth: god - like
atau
mark / target

nah... jauh ga?
yg satu nunjukkin kepemilikan
yg satuny lagi jadi "-like"

PS: klo mandarin ada arti slaen menunjukkan kepemilikan, sorry yah... soalny gw g blajar mandarin dalem2 c...

INTINYA, BAGI YG MAO BLAJAR BHS JEPUN/MANDARIN JANGAN SEKALIGUS, NTAR MABOK!
kecuali untuk org yg, yah gampangnya sih: imba, memori hafalan mantabzekali, dan pengecualian2....

lunarchild

Posts : 215
Join date : 2009-08-02
Age : 24
Location : Saa... doko deshou?

Back to top Go down

Re: [Bahasa] Mari belajar bahasa Jepang!

Post  Sponsored content Today at 9:14 am


Sponsored content


Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum